Coffee Time Without Upsetting My Stomach

coffee-break-1291381_1920

I am not sure exactly when I started to love coffee. Walaupun bukan coffee addict, tapi dalam sehari saya pasti nyari kopi paling tidak satu gelas. Dulu, awal-awal saya mulai menikmati kopi, setelah itu pasti sakit perut. Apparently, my stomach is not into coffee as much as my tounge does.

Saya bukan penderita maag, tapi sepertinya kondisi perut saya memang lumayan “asam”(padahal suka nya sama yang asam-asam seperti jeruk, lemon dll :p). Sempat diberitahu teman, kalau mungkin perut saya nggak kuat sama kafein, jadi sebaiknya jangan konsumsi kafein. Tapi saya nya aja yang bandel. Masa sih jadi nggak boleh minum kopi sama sekali? Emang nggak bisa diakalin?

Oh yes ternyata bisa kok saya akalin. Ini menurut pengalaman saya sendiri sih dan so far perut saya aman-aman aja “ngopi” dengan cara berikut:

croissants-698873_1280

Not Drinking My Coffee in An Empty Stomach

Jadi nggak ada ceritanya saya sarapan pagi pakai kopi seperti kebanyakan orang. Fix cari penyakit itu sih kalau saya. Asupan kafein saya di pagi hari cukup dengan segelas teh aja.

Bahkan akhir-akhir ini saya mulai bikin rules sendiri, “no coffee before 10 AM”. Kenapa jam 10? Karena sepertinya di jam-jam segitu perut saya udah mulai “friendly” dikasih apapun juga hehe.

coffee-cup-1081867_640

Choose Decaf or Half Decaf if Available

I am so happy to know that the decaf version is also available for instant coffee, and easily bought in any supermarket here. Sedangkan sepertinya di Indonesia, kopi instan belum ada yang versi decaf. Jadi minum kopi decaf cuma bisa pas ngopi di kafe aja deh.

adult-1852965_1280

I Add Milk/Chocolate to My Coffee

Saya agak menghindari kopi hitam pure. Kalau nggak kepepet banget , as if, sangat ngantuk tapi harus begadang dan nggak ada pilihan lain, baru deh mau. Selain kurang asik, kopi hitam kok kayaknya lebih “nendang” di saya. Jadi kadang-kadang malah bikin deg-degan banget. Seringnya sih ditambah susu/coklat.

Akhir-akhir ini, saya lagi ketagihan Trung Nguyen G7 Gourmet Coffeemix 3in1. Pertama kali coba ini di Vietnam dan ketagihan. Padahal pas di Vietnam sendiri, saya agak nggak kuat minum black drip coffee nya. Tapi kalo kopi instan yang ini sih untungnya aman-aman aja perutnya. Serius ini enakk banget.

May the coffee be with you! 🙂

sign

2 thoughts on “Coffee Time Without Upsetting My Stomach

Leave a Reply

