Resep Gampil : Bibimbap

Selamat hari Sabtuu..

Saya punya ide baru nih buat konten blog. Berhubung blog ini emang dari awal diniatkan sebagai jurnal, jadi saya mau mulai nulis dan share kumpulan resep gampil yang emang udah biasa saya masak sehari-hari.  Mostly, resep-resep ini juga ter-inspirasi dari banyak sumber, yang seringkali saya ubah sedikit-dikit mengikuti selera saya dan suami.

Resep gampil pertama yang mau saya share adalah Bibimbap. Simply karena ternyata punya stock foto nya hehe. Bibimbap ini seger banget kalo lagi kepingin makan banyak sayur. Gampang banget pula. Nggak perlu makan di restoran lho, karena masak sendiri juga nggak beda jauh rasanya. Bahan-bahannya juga nggak saklek kok harus jenis sayuran A atau B. Basically cuma manfaatin sayuran apapun yang ada di kulkas.  Potong-potong, masak sebentar, aduk-aduk, jadi deh! Adaptasi dari resepnya mykoreankitchen, ini dia kreasi Bibimbap gampil ala saya

bibimbap.jpg
Yang ini lupa ditambahkan telur ceplok sebelum di foto :p

Resep Bibimbap (untuk 2 porsi)

Bahan-Bahan Sayuran

Kimchi kira-kira 1 genggam

Bayam kira-kira 2 genggam

Toge kira-kira 2 genggam

Wortel potong korek api kira-kira 1 genggam

Bahan-Bahan Topping Daging

Daging Cincang 200 gram (bisa diganti protein lain seperti ayam fillet)

1 Sdm Kecap Asin

1 Sdm Minyak Wijen

1 Sdt Brown Sugar (bisa diganti gula pasir biasa)

1 Sdt Bawang Putih Cincang

Bahan-Bahan Saus Gochujang

2 Sdm Gochujang

1/2 Sdm Kecap Asin

1 Sdt Minyak Wijen

1 Sdt Gula Pasir

1 Sdt Bawang Putih dihaluskan

1 Sdm Air

Bahan-Bahan Lain

Kimchi kira-kira 1 genggam

Telur ceplok 2 buah

Nasi putih panas 2 porsi

Nori Secukupnya

Biji Wijen Secukupnya

Cara Masak

  1. Masak semua sayuran sesuai tekstur yang diinginkan. Toge dan bayam cukup di blanch aja sebentar.
  2. Masak daging cincang dengan menumis bawang putih cincang. Sampai kecoklatan dan wangi. Masukkan daging cincang, masak sampe matang. Masukkan bumbu lainnya. Tes Rasa.
  3. Campur semua bahan saus di satu wadah terpisah. Tes rasa. Saya suka yang agak asin-medok rasa sausnya. Jadi kalau dicampur semua dengan nasi dan sayur tetap gurih.
  4. Siapkan nasi putih panas di mangkok. Tata sayuran dan daging diatas nya mengelilingi pinggiran mangkok. Letakkan saus di tengah-tengah an telur ceplok diatasnya. Garnish dengan nori dan biji wijen
  5. Sebelum dimakan, jangan lupa diaduk-aduk rata semuanya..

By the way, kalo mau lebih menghayati enaknya Bibimbap, coba deh nonton cuplikan scene drama korea Let’s Eat Episode 9 di link ini.  Dijamin abis itu tambah ngiler 🙂

sign

 

 

 

 

 

 

5 thoughts on “Resep Gampil : Bibimbap

Leave a comment