Cara Urus Visa Visitor New Zealand (Dari Brisbane, Australia)

boarding-pass-euro-ticket-69866

Kia Ora!

Atau yang dalam bahasa Maori bisa berarti “Halo!”.

Setelah sempat maju mundur ragu-ragu, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk jadi mengunjungi New Zealand dulu sebelum benar-benar pulang ke Indonesia. Karena setelah dipikir-pikir, berangkat ke New Zealand dari Indonesia, tiketnya jauuh lebih mahal ya.

Sebagai perbandingan, bisa diliat deh gambar dibawah. Harga tiket dari Brisbane setengah nya ya kaan? Karena jarak tempuh juga udah setengahnya sih. Jadilah kami memutuskan bismillah beli tiket untuk ke New Zealand desember besok.

Naah, permasalah selanjutnya adalah visa. Biasanya saya suka nggak mau pusing sih. Kalo mau bikin visa pasti minta tolong travel agent di Jakarta ehehe. Tapi berhubung masih di Brisbane, jadilah googling tanya sana sini caranya.

Nah ini saya share disini yaa, siapatau ada yang membutuhkan info nya juga.

  1. Untuk make sure jenis visa yang harus diurus, bisa klik link ini dulu yaa
  2. Untuk keluarga, apply visa nya cukup 1 aja. Jadi akan ada 1 principal applicant dan extra applicant lainnya. Jadi untuk saya dan suami, suami saya sebagai principal applicant dan saya extras nya. Kurang paham sih bisa untuk sampai berapa orang extras dalam 1 visa. Dicoba dulu aja mungkin ya.
  3. Visa New Zealand bisa diurus melalui counter dan online. Untuk yang urus visa via counter, bisa langsung cek detail nya di website nya visa center New Zealand yang ada di Jakarta dan Bali. Jelasnya bisa klik link ini  .
  4. Siapkan kartu kredit untuk bayar visa (jika apply online). Untuk saya dan suami, kemarin saya bayar NZ $165. Detailnya bisa dicek disini 
  5. Dokumen-dokumen yang harus disiapkan sebelum apply online :
  • Passport asli dan scan passport nya
  • Bank Statement (dengan minimal saldo NZ$1000 per orang ; atau $400 per orang kalau udah ada bukti booking akomodasi)
  • Foto terbaru dengan detail seperti di link ini 
  • Bukti pembelian tiket pulang pergi
  • Bukti pemesanan akomodasi (kalau ada)
  • Scan visa negara lain yang masih berlaku (berhubung saya masih tinggal di Australia, jadi saya lampirkan juga ini ; kalau yang flight nya akan transit di Australia dan akan lewat imigrasi juga harus lampirkan ini ya)
  • Surat referensi kerja dari kantor (atau surat keterangan scholarship untuk suami saya)
  • Kartu keluarga (yang sudah di translate resmi) sebagai bukti bahwa principal applicant dan extras nya memang benar keluarga. Atau kalau hanya suami istri, bisa juga lampirkan buku nikah. Berhubung di buku nikah sudah ada bahasa inggris nya, jadi nggak saya translate resmi lagi.
  1. Setelah dokumen udah lengkap, tahap selanjutnya adalah buat account di realme, atau bisa klik link ini 
  2. Setelah sudah ada account di real me, nanti akan di direct untuk isi form nya. Kalau butuh petunjuk untuk isi form nya, bisa cek ke sini 

Setelah form dan dokumen-dokumen sudah di submit, di halaman terakhir akan ada “thank you page atau confirmation page”. Nah di confirmation page ini, biasanya akan ada permintaan untuk mengirim paspor asli kita. Atau kalau yang di kota tempat tinggalnya ada kantor visa centre sih bisa langsung dateng ya. Nah kalau seperti saya yang kebetulan di Brisbane nggak ada kantornya, harus kirim paspor asli ke Sydney deh. Untuk pengiriman paspor sendiri ada tambahan biaya nya ya, yaitu AU$30 per aplikasi.

Emang aman ya ngirim paspor asli gitu? Insya Allah aman sih. Saya pakai jasanya Auspost dan pakai amplop khusus yang bisa di track dan pasti sampai besok nya. Bentuk amplop nya seperti ini.

amplop express
Source: Australia Post

 Harganya $17. Saya beli dua, satu lagi saya lampirkan di dalam amplop yang saya kirim sebagai amplop balasan. Cara lain, bisa juga dengan jasa kurir yang disediakan Visa Centre yang di Sydney, dengan tambahan biaya $20. Jadi kalau kita nggak lampirkan amplop balasan, ya otomatis kena $20 deh.

Anyway, jadi apa aja yang saya kirim ke Visa Centre?

  1. Paspor asli saya dan suami
  2. Amplop balasan yang sudah saya tulis alamat saya di bagian Penerima
  3. Hasil print “confirmation page”, atau halaman terakhir ketika submit visa, yang ada nama dan nomor aplikasi kita. Ada petunjuknya kok kalau itu page terakhir dan harus di print
  4. Form untuk pembayaran passport handling fee dan courrier fee (kalau pakai jasa kurir)
  5. Halaman Check list page seperti ini 

Detail lain ke alamat Sydney dimana harus dikirimkan dan lain-lain bisa langsung cek ke sini

Menurut situsnya, proses pengajuan visa nya sendiri bisa makan waktu kira-kira 18 hari. Tapi Alhamdulillah visa saya cepet banget sih. Submit visa online hari Selasa, kirim paspor hari Kamis nya. Hari Selasa nya, paspor udah sampai lagi di tangan, dan hari Rabu nya muncul deh email approval visa nya. Visa New Zealand ini sama kayak Australia, nggak ada wujud fisik nya yang ditempel di paspor. Jadi kita cuma di email dua lembar halaman yang isinya visa approval. Udah gitu doang. Tapi dua lembar ini harus di print yaa pas berangkat, biar ada bukti in case kenapa-kenapa nanti nya.

Anyway, setelah paspor kita diterima di kantor visa centre nya, akan ada email pemberitahuan kok. Bisa juga kita track status dokumen kita disini 

Nanti saya share lagi yaa setelah udah jalan-jalannya 🙂

sign

2 thoughts on “Cara Urus Visa Visitor New Zealand (Dari Brisbane, Australia)

Leave a comment