Auckland – Hobbiton – Rotorua Trip

#dirumahaja hari ke-78, dan saya tiba-tiba kepingin nulis sesuatuu lagi di blog yang udah mulai debuan ditinggal 2 tahunan ini.

As a reminder for those who read this in the future, sejak pandemi virus COVID-19 masuk ke Indonesia di awal Maret lalu, most of us are working from home, shopping for home, dan semuamua dari rumah saja. Nggak mau banyak mengeluh, karena walaupun mulai sangat bosen di rumah, tapi saya pun masih se paranoid itu untuk keluar rumah, dan Alhamdulillah masih sangat sangat beruntung jika dibandingkan dengan banyak teman-teman di luar sana yang menjadi “korban” dari sadisnya pandemi ini.

One thing for sure, saya kangen jalan-jalan. Sesimpel jalan ke mall walaupun cuma untuk ke kafe yang ujung-ujungnya buka laptop trus kerja. Akhirnya, cukuplah dipuaskan diri dengan buka-buka stok foto traveling lama. Ketemu lah foto-foto pas jalan-jalan di New Zealand akhir tahun 2018 kemarin. Menyambung postingan terakhir saya di November 2018 tentang cara urus visa New Zealand, here we go talking about the trip…

Processed with VSCO with g1 preset

4 hari 3 malam. Lumayan singkat untuk ukuran trip ke New Zealand yang biasanya orang-orang lain bisa ber minggu-minggu. Instead of South Island yang lagi populer di kalangan traveler, kami justru ke North Island. Alasannya karena sebenernya NZ trip ini sekalian antar mertua yang ada kerjaan di Auckland, dan nggak mungkin extend karena udah keburu mepet kita harus pindahan dari Brisbane untuk balik Indonesia for good.

Untuk memastikan kalau short trip kita berkualitas, kita pindah hotel di area berbeda setiap hari. Malam pertama dan ketiga menginap di Auckland, sedangkan malam kedua menginap di Rotorua.

Day 1, Auckland (Sekitar Viaduct Harbour)

Hotel : CBD Viaduct Harbour Resort

Kebetulan cuma dapet flight siang dari Brisbane, jadi sampe Auckland pun udah sore. Malam pertama, kami stay di hotel di area Viaduct Harbour, tepatnya di CBD Viaduct Harbour Resort. Nggak terlalu banyak bisa ngapa-ngapain karena udah sore. Tapi beruntung ternyata apart-hotel nya nyaman dan bagus banget. Jadi hari itu bener-bener cuma muter-muter area pelabuhan ini dan makan malam.

Source: cbdviaductharbour.co.nz

Day 2, Rotorua & Hobbiton 2 Days Tour (part 1)

Hotel : Rotorua Motel

Malam kedua kami putuskan untuk ikutan trip aja, instead of sewa mobil. Liburan leyeh-leyeh nggak mau ribet judulnya. Kita sengaja cari trip yang tentunya ada Hobbiton, karena tujuan utama saya mau ke New Zealand ya tentunya Hobbiton ini. Bukan fans berat Lord of The Rings atau The Hobbits, tapi super duper penasaran dan excited pingin kesana.

Setelah jauh-jauh hari surveey berbagai macam trip yang sebenernya mirip-mirip, akhirnya pilihan jatuh ke 2 Days Tour Hobbiton, Rotorua & Waitomo Glowworm Caves ini. Di tur ini, hampir semuanya udah include, kecuali penginapan di Rotorua. Nggak ada yang spesial dari Rotorua Motel yang kita pilih. Bersih, harga oke, dan lokasi dekat dengan tempat kita janjian ketemu lagi untuk melanjutkan tour hari kedua.

Destinasi 1 : Waitomo Glow Worm Caves

Source : Flickr: 63349090@N08 / via Buzzfeed.com

Sesuai namanya, di destinasi ini ada gua yang “dihuni” sama cacing-cacing yang glowing dalam kegelapan. Detailnya bisa di cek sendiri di web ini yaa. Nggak banyak dokumentasi selama disini, karena di dalam gua nya sendiri pun nggak boleh foto-foto. Tapi ini baguuus banget, sampe masuk ke 27 Surreal Places to Visit Before You Die versi nya Buzzfeed

Destinasi 2 : The Agrodome Rotorua

Processed with VSCO with c7 preset

Sejujurnya awalnya saya nggak terlalu excited sama destinasi ini. Karena dipikirnya cuma farming experience yang sebenernya di Lembang juga banyak. Eh ternyata justru favoriit. Seperti foto diatas, seneng banget ternyata lihat sapi-sapi gendut khas New Zealand yang lagi bobok-bobok siang, dan ada 1 hewan favoooooriiit yang ternyata ada disana dan kita bebas bercengkerama sama hewan gemes itu : Alpaca!

Ternyata Alpaca se-menggemaskan itu, super jinak dan chill

Destinasi 3 : Te Puia Maori

Processed with VSCO with g1 preset

… yang menurut saya salah satu destinasi yang wajib dikunjungi kalau ke Rotorua. Mulai dari Natural Geothermal / Geyser yang cantik-cantik banget walaupun bau belerang sampai dengan suguhan kebudayaan khas suku Maori. Yang mau nonton pertunjukkan HAKA secara live, ada niih disinii.  HAKA, atau tarian/seruan perang/tantangan khas suku Maori, emang selalu bikin semangat-merinding nontonnya. Apalagi nonton secara langsung, dengan kostum otentik suku Maori, dobel dobel deh rasanya.

Processed with VSCO with g2 preset

Day 3, Rotorua & Hobbiton 2 Days Tour (part 2) & Back to Auckland

Hotel : Best Western President Hotel

Destinasi 1: Rotorua Government Gardens

Processed with VSCO with g1 preset

Di hari ke-2 tur, setelah menginap di akomodasi pilihan masing-masing, peserta tur diminta untuk berkumpul di Rotorua I-Site Visitor Information Centre, yang lokasinya persis ditengah-tengah kota. Jadi sebelum itu, kami memutuskan untuk Rotorua city tour sebentar. Salah satunya, ke Rotorua Government Gardens ini.

Bukan cuma sekedar taman, di area ini juga ada museum, city council, geothermal dll. Tapi seperti yang terlihat di foto sebelumnya, cuaca hari itu gloomy banget. Berkali-kali hujan, berhenti, hujan lagi. Museum juga sayangnya lagi dalam perbaikan jadi nggak dibuka untuk umum. Overall, Rotorua itu kota kecil yang manis banget.

Destinasi 2: Hobbiton Movie Set

Move on dari Rotorua, akhirnya menuju destinasi yang ditunggu, yaitu Hobbiton Movie Set. Detail lain seperti harga tiket masuk dll, silahkan di klik di link ini ya. Harganya yang memang nggak murah, sebanding kok sama experience nya. Saya yang bukan fans filmnya aja excited banget, apalagi yang memang nge-fans sama film nya ya.

Processed with VSCO with g1 preset

Area Hobbiton Movie Set ini luaaaas bangett, dan kita nggak bisa seenaknya melanglang buana disana. Karena disana, kita akan masuk ke grup-grup. Setiap grup akan didampingi 1-2 orang guide yang akan memandu kita sepanjang perjalanan di set ini. Jangan khawatir nggak bisa foto-foto, karena mereka akan ngasih waktu yang cukup banget kok untuk foto-foto sampe puas. Sayangnya, hari itu cuacanya kurang bersahabat sepanjang hari. semua hasil foto jadi kurang sentuhan langit biru cerah 😐

Setelah puas dan gempor jalan di Hobbiton Set, tur pun berakhir dengan kita semua kembali ke Auckland. Malam itu kita menginap di Best Western President Hotel Auckland, yang lokasinya persiiiis di tengah kota Auckland. Pilih hotel ini simply karena dia tipenya aparthotel dengan dapur dan amenitiesnya, dan lokasi tengah kota yang gampang banget mau kemana-mana.

Day 4, Auckland Fish Market & Back To Brisbane

Processed with VSCO with g1 preset

Hari ke-4, masih ada waktu sebelum flight kita kembali ke Brisbane di malam hari. Hari itu dipuas-puasin muter-muter Auckland CBD dan mampir ke Auckland University. Kakak ipar saya pernah bersekolah disini 2 tahun. Jadi hari terakhir lebih ke napak tilas masa-masa kakak saya di Auckland dulu. Termasuk ke Auckland Fish Market, yang dulu mereka sering banget makan sashimi fresh dan murah sepuasnya disana. Nggak seperti di Brisbane, harga seafood di Auckland jauh lebih murah. Entah kenapa di Brisbane (bahkan di Australia?) harga seafood kok mahal 😦

Begitulah short trip New Zealand yang Alhamdulillah berkesan walaupun super singkat. Next time, kalau ada kesempatan ke New Zealand lagi, mau lah tentunya nyobain south island, camper van trip juga kayaknya seru banget yaaa