KonMarie Method Changes My Habit

Processed with VSCO with hb1 preset

“Pernahkah Anda berbenah gila-gilaan, tetapi tak lama berselang mendapati bahwa rumah atau ruang kerja Anda telah kembali acak-acakan?”

 Kalimat kojo diatas yang bikin saya langsung nggak sabar nyontek tips nya KonMarie ini. Sejak nikah dan tinggal sendiri, kemudian nggak ada mbak yang bantuin beberes, saya mulai ngerasain banget tricky nya beberes rumah. Udah mau beresin gila-gilaan juga cepet banget berantakannya lagi.

 Sesuai gambar yang udah mejeng paling atas, buku ini berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up, oleh Marie Kondo. Metode beres-beres nya kemudian dinamakan KonMarie method. 

 What’s so special sih dari kegiatan beres-beres rumah? Kenapa sampe life-changing banget?Duh banget lhooo, terutama untuk ibu rumah tangga atau siapapun yang tinggal sendiri dan harus beresin rumahnya sendirian. Somehow, KonMarie method ini ngajarin kita cara beres-beres yang bikin nggak gampang berantakan lagi.

 Basically saya nggak akan jelasin panjang lebar gimana intinya KonMarie method ini. Karena sebenarnya metode ini udah banyak sekali dibahas dan ditulis artikelnya. Coba googling dan cek di youtube tentang KonMarie Method ini, you’ll find so many people explains it interestingly. Two of my favorite articles about it are from LivingLoving and Kayla in The City.

 Yang akan saya tulis disini adalah  kalimat-kalimat menarik yang saya temukan di buku , mulai dari tips sampai dengan bad habit  saya dalam menyimpan barang, dan saya lumayan yakin kalo bad habit ini juga banyak dilakukan orang-orang sekitar saya. Okey, ready?

 “DILARANG MENGALIHFUNGSIKAN PAKAIAN JADI BAJU RUMAH”

 Ha! This is exactly what I did. Biasanya untuk baju-baju atasan atau celana bahan yang dirasa udah nggak kece untuk dipakai keluar rumah, tapi terlalu sayang untuk dibuang. Solusinya : Donate! Baju-baju yang tertimbun lama di lemari akan sangat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan 🙂

 “UNTUK MENYIMPAN BARANG, KUNCINYA ADALAH MEMBERDIRIKANNYA ALIH-ALIH MENIDURKANNYA”

…. dan juga berlaku untuk pakaian. Please check this cute Vlog from Lavendaire. Disitu dia banyak contohin cara melipat pakaian ala KonMarie, jadi bisa di berdiriiin.Saya udah coba, dan emang efektif banget bikin lemari baju nggak gampang berantakan, karena semua baju kita keliatan dan gampang ambilnya tanpa ngeberantakin yang lain.

 Tapii…. sepertinya kalo dengan metode kayak gini, bagusnya emang model lemarinya yang drawer yaa. Bukan berarti kalo lemari model kotak-kotak yang common di Indonesia nggak bisa. Bisa juga, cuma nggak se-rapi dan se-efektif drawer. 

 “KALI PERTAMA MENJUMPAI SEBUAH BUKU ADALAH SAAT PALING TEPAT UNTUK MEMBACANYA.”

Untuk book hoarder kaya saya, kalimat diatas ngena banget. Sukanya beli-beli buku tapi kemudian belum semuanya dibaca. Menurut KonMarie, tumpukan buku-buku yang belum pernah / belum selesai dibaca, tapi udah tertunda berbulan-bulan lamanya, berarti nggak lagi menarik buat kita. 

Make sense sih. Kalo saya penasaran banget sama sebuah buku, pasti akan berusaha banget make time untuk nyelesein buku itu.

Well. sepertinya udah saatnya dadah-dadah sama tumpukan buku-buku itu ..

 “GARANSI DAN MANUAL ALAT ELEKTRONIK BISA DIBUANG”

Siapa yang yang nyimpen garansi dan manual alat elektronik? Hampir semua orang deh kayaknya. Sadar nggak sih kalau garansi itu kan seringkali cuma berlaku satu tahun? Jadi udah berapa banyak garansi kadaluarsa yang kita simpan?

 Berlaku juga untuk buku manual. Saya adalah tipe yang nggak pernah baca buku manual sebelum menggunakan alat untuk pertama kalinya. Sedangkan suami saya kebalikannya. Jadi saya masih simpan semua buku manual alat-alat itu. Tapii.. karena umur alat-alat itu juga mostly umurnya lebih dari 6 bulan, sepertinya udah harus saya buang.

Does KonMarie method changes my life?

Indeed.

Saya nggak sabar pingin cepat beres-beres setelah baca buku ini. Proses beres-beres juga saya nikmati benar. Hasilnya?

3 Kardus pakaian untuk di donasikan, 2 kardus buku, dan 3 kantong plastik besar sampah. Lemari pakaian saya udah bertahan 3 minggu tidak berantakan. Begitu juga dengan laci aksesoris dan rak buku.

I AM HAPPY 🙂

 Beres-beres itu seru lho, bener deh. Cobain yuk!

sign

Advertisements

One thought on “KonMarie Method Changes My Habit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s